.
Alamat Website NISN | Nomor Induk Siswa Nasional Terbaru PDF Cetak E-mail
Sabtu, 11 Februari 2012 22:31

Nomor NISN | Nomor Induk Siswa Nasional TK, SD, SMP,SMA, Perguruan Tinggi Terbaru- Penataan di bidang administrasi birokrasi pemerintahan khususnya dalam bidang pendidikan terus dilakukan oleh pemerintah.  Salah satu produk dari penataan dari reformasi birokrasi adalah dengan dibuatnya sistem penomoran Standar Siswa Nasional ini.  Pengertian NISN merupakan singkatan dan kependekan dari Nomor Induk Siswa Nasional.  Nomor ini sendiri merupakan nomor tunggal dari Siswa / Siswi SMP, SMA, MTs, Mi, SMK, MA.

NISN | Nomor Induk Siswa Nasional
Alamat Website NISN | Nomor Induk Siswa Nasional Terbaru

Saat ini setiap Siswa / Siswi memiliki Nomor Induk TK, SD, SMP, SMA, maupun perguruan Tinggi. Walaupun sudah diberlakukan, tetapi masih banyak siswa yang belum tahu bagaimana mengetahui Nomor Induk Siswa dan berapa Nomor Siswa Nasional nya.  Nah pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi berapa dan bagaimana mencari Informasi mengenai Nomor NISN Siswa TK , SD , SMP , SMA Negeri maupun Swasta.

Peranan dari Nomor NISN sendiri merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang merupakan bagian dari program DAPODIK (Data Pokok Pendidikan).  Standar Nomor nasional Siswa TK , SD, SMP, SMA Negeri / Swasta serta Perguruan Tinggi ini dibangun oleh Bagian Sistem Informasi Biro Perencanaan Depdiknas tahun 2006/2007 lalu yang bertujuan untuk kemajuan Pendidikan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Layanan Standar Nomor Nasional N I S N menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan oleh Kementerian Pendidikan Nasional . Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik, standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia.

Adapun bagaimana Cara menentukan Nomor N I S N ini adalah prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN.  Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online melalui web operator masing-masing. Hasil dari proses pemberian kode identifikasi oleh Pusat Sistem.

Sebelumnya untuk mencari Nomor NISN ini kita mengakses website yang beralamatkan di http://nisn.dapodik.org.  Tetapi sesuai dengan surat edaran no. 1980/P3/TP/2011 tanggal 14 September 2011 dari PDSP Kemdiknas perihal pemberitahuan pelayanan Sistem Layanan DAPODIK versi terbaru.  Maka alamat website Pencarian Nomor NISN ini berubah menjadi http://nisn.data.kemdiknas.go.id.  Berikut ini merupakan Surat Edaran Nomor 1980/P3/TP/2011 tentang Alamat Website Nomor NISN Terbaru yang mulai diberlakukan 1 Januari 2012.

 

kemdikbud :: armylookfashion.com

Share
LAST_UPDATED2
 

themesclub.com cms Joomla template
Banner
Copyright © 2007 Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau  -  All Rights Reserved. design by bankabu@gmail.com
themesclub logo
VPS Terbaik di Indonesia